Wednesday, November 2, 2011

Apa itu POP3 , IMAP , dan SMTP

Dalam dunia setting email mungkin tidak asing lagi dengan istilah POP3 , IMAP dan SMTP .. sebenernya apa sih yang dimaksud dari kata kata tersebut .. dan mana yang terbaik diantara keduanya? Perbedaan POP3 , IMAP dan SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

POP: email didownload oleh email client (Outlook Express) dan disimpan di dalam harddisk komputer. Tergantung settingan, email yang telah didownload akan dihapus dari server.

IMAP: email disimpan di server. Email client hanya 'melihat' dari komputer Anda.

Kelebihan dan kekurangan utama masing2 protokol:
POP:
(+) Email bisa dibaca offline dan cepat karena sudah tersimpan dalam harddisk
(-) Kalau harddisk rusak, komputer hilang, email Anda lenyap
(-) Anda hanya bisa membaca email dari komputer Anda saja.

IMAP:
(+) Anda bisa mengakses email dari mana saja selama ada koneksi internet dan status email (sudah dibaca/belum dibaca, dll) tersinkron.
(-) Harus terhubung dengan internet pada waktu mengakses email.

Tentu saja hal ini menyebabkan pemenang antara POP vs IMAP adalah IMAP dimana IMAP akan mensinkronisasikan server email dan komputer remote / device lain secara dua arah yang sebenarnya folder email tetap berada di server email tapi anda bisa mengakses nya secara penuh di komputer remote atau device lainnya. Setiap perubahan yang terjadi di server email akan terdeteksi oleh komputer remote dan akan terjadi penyesuaian atau sinkronisasi untuk menyamakan kondisi keduanya.

Berbeda dengan IMAP, POP hanya akan mendownload folder email ke komputer remote yang kita gunakan dan tidak akan terjadi penyesuaian jika kemudian ada perubahan folder email di email server.

Jika dibandingkan secara detail maka akan terlihat seperti ini :

POP
Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti :
1. Anda harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer remote yang lainnya.
2. Hal ini tentu saja menyulitkan anda yang menggunakan Email Client di komputer remote yang berbeda, misalkan saja di rumah dan di kantor.

Terkadang email yang sudah didownload di komputer remote akan terhapus di komputer server tergantung dari setting Email client, jika ini terjadi maka saat anda menggunakan komputer remote lainnya, anda tidak bisa mengakses semua email anda secara penuh.

IMAP
Email masih tersimpan di server email sehingga :
1. Tidak perlu mendownload semua email dari awal jika menggunakan komputer remote lain. Perubahan yang dilakukan di komputer remote satu akan berdampak pada email server dan komputer remote lainnya.
2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.
3. Sinkronisasi antara server email dan PC remote akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer remote adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

POP
Semua Email dan file Attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari Email client.

IMAP
Pesan yang didownload hanya pesan yang anda akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

POP
Mailbox hanya bisa ditambahkan di komputer remote. sedangkan di server hanya ada satu mailbox yaitu inbox saja.

IMAP
Multiple mailbox bisa ditambahkan di PC remote seperti halnya di email server.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

POP
Filter hanya dapat dilakukan di komputer remote saja.

IMAP

Filter dapat dilakukan di semua mailbox baik itu di komputer remote maupun di email server.

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar